Tips Untuk Mengatasi Smartphone Android yang Lambat

Tips Untuk Mengatasi Smartphone Android yang Lambat - Smarphone android, saat hampir dimiliki oleh semua orang, pilihan untuk menggunakan handphone berbasis Android OS, karena jumlah aplikasi yang terdapat didalamnya terbilang cukup lengkap. Dengan banyaknya aplikasi yang bisa anda download baik berbayar maupun gratis, membuat anda menggunakan ponsel ini terasa sangat menyenankang. Tapi bukan tidak mungkin, jika suatu saat anda akan merasakan perangkat android anda akan melambat dan terasa sangat berbeda saat pertama kali anda menggunakannya.

Hal tersebut memang sangat wajar, seiring penggunaan yang cukup lama dan ditambah dengan banyaknya aplikasi yang telah anda download melalui Google play store, mengakibatkan jumlah penggunaan RAM dan Media penyimpanan akan meningkat juga. tapi anda bisa mengoptimasi perangkatkan android anda dan menghilangkan beberapa item/konten yang tidak penting atau jarang anda gunakan. sehingga bisa mempercepat kinerja ponsel anda dari sebelumnya.


1. Uninstall semua aplikasi yang tidak anda butuhkan

Seperti yang dijelaskan diatas, Google Play Store, menyuguhkan anda begitu banyak aplikasi dan game yang bisa anda download dengan gratis ataupun berbeayar, ini membuat anda terkadang iseng untuk menginstall dan sekedar mencoba aplikasi dan game-game baru. Sebaiknya temukan dan hapus aplikasi yang sebenarnya jarang digunakan atau tidak penting.

2. Nonaktifkan fitur animasi

Fitur animasi saat proses perpindahan menu memang membrikan sedikit kesan yang indah, namun tahukah anda jika fitur tersebut merupakan salah satu indikator penyebab android smatphone menjadi lambat, nah untuk menonaktifkan fitur ini cara cukup mudah, anda hanya perlu masuk ke pengaturan dan selanjutnya pilih "developer options" dan matikan "animation duration scale".

3. Kurangi penggunaan Widget 

Perlu anda ketahui, jika di smartphone android anda menggunakan widget yang berlebihan akan membuat sistem di android akan bekerja lebih keras, Sebaiknya anda kurangi penggunaan widget, dan cukup gunakan yang anda butuhkan saja. Memang widget membuat tampilan smarphone android anda akan terlihat lebih cantik, tapi sebaiknya anda lebih bijak lagi memilih mana yang harus anda tampilkan.

Cukup dengan 3 hal yang terbilang cukup sederhana, yang perlu anda lakukan untuk mengatasi perangkat android yang lambat dan memaksimalkan kinerja. dan tidak bisa dipungkiri jika kemampuan smartphone android juga memiliki keterbatasan. Sebaiknya jangan gunakan aplikasi yang berat dan game yang menampilkan resolusi yang tinggi. sekali lagi bijaklah dalam menggunakan dan menafaatkan aplikasi.

0 Komentar untuk "Tips Untuk Mengatasi Smartphone Android yang Lambat"

Twitter Blog https://twitter.com/hyllal_h @hyllal_h

Fans Page Blog ini di https://www.facebook.com/AndroidiOSBlog

Google+ https://plus.google.com/+HyllalApple

Channel Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCXh7Qa62dlB5p_EG6FpR8mw

Back To Top