Apa Penyebab Smartphone Android Mengalami Bootloop

Apa Penyebab Smartphone Android Mengalami Bootloop - Situasi paling menjengkelkan pengguna smartphone android sehingga membuatnya menjadi panik dan galau, adalah ketika perangkat mereka mengalami bootloop, yaitu suatu kondisi dimana perangkat mereka hanya melakukan booting atau startup secara berulang-ulang pada logo dan tidak bisa masuk ke homescreen perangkat.

Banyak pengguna android mengalami hal ini atau minimal pernah merasakannya, jika saat ini anda sedang menggunakan ponsel berbasis android bukan berarti anda akan terhindar dengan kejadian serupa. akan tetapi sebaiknya anda mengetahui beberapa faktor yang bisa menyebabkan smartphone android anda terjebak dalam kondisi bootloop.

Untuk artikel kali ini saya hanya menjelaskan beberapa poin secara garis besarnya saja dengan berdasarkan pengalaman pengguna lain dan saya sendiri, Namun, bisa saja beberapa faktor lain diluar pembahasan ini juga bisa saja memperngaruhi sebuah perangkat terjebak ke dalam kondisi bootloop.

Apa Penyebab Smartphone Android Mengalami Bootloop

1. Melakukan Modifikasi Pada System

Melakukan hal Ini memang sangat sensitif, Jadi jika perangkat anda mengalami bootloop, apakah anda telah melakukan modifikasi system inti sebelumnya. seperti merubah gaya font, menghapus atau menambah file sistem. biasanya hanya pengguna yang telah melakukan Root pada perangkat mereka yang bisa melakukan ini, Karena root memberika akses penuh kepada pengguna untuk bisa melakukan sistem secara penuh. sebaiknya jika anda tidak memiliki pengalam yang cukup dalah hal root sebaiknya hindari untuk mengutak-atik perangkat anda terutama pada file sistem.

2 : Gagal Dalam melakukan flashing

Kegagalan dalam melakukan flashing adalah penyebab bootloop pada perangkat android, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan kegagalan ini, tapi saya tidak akan membahasanya pada artikel ini, karena fokus utama saya adalah bootloop mungkin pada artikel selanjutnya kita akan membahasa tuntas untuk masalah yang satu ini, solusinya adalah lakukan flashing ulang dengan menggunakan stock rom.

3 : Overclock Perangkat Android

Overclock adalah sebuah kondisi dimana perangkat android yang dimodifikasi dengan tujuan mendapatkan performa maksimal, contohnya jika suatu perangkat yang sebelumnya memiliki kemampuan prosesor 2.00 Ghz dan dipaksa untuk naik ke 2.2 Ghz, Maka akan menyebabkan ketidak stabilan pada sistem. dan besar kemungkinan akan terjebak pada kondisi bootloop. cara ini sebanarnya bagus bagi anda yang tidak suka dengan perangkat yang lag, tapi saran saya sebaiknya jangan lakukan hal itu.

4 : Mengedit atau mengubah isi dari file Build.prop


Mungkin anda pernah Mengedit atau mengubah isi dari file Build.prop dengan mengikuti pentunjuk atau tutorial dari internet, besar kemungkin karena anda melakukan itu, perangkat android anda terjebak dalam kondisi bootloop, sebaiknya jika ingin mengedit sesuatu file pada system, lakukan backup terlebih dahulu, ini untuk mencegah jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Mungkin cukup sampai disini saya menjelaskan apa penyebab perangkat android terjebak pada kondisi bootloop, Namun bisa saja anda tidak pernah melakukan hal-hal yang dijelaskan diatas, dan tetap saja perangkat anda tetap masuk ke bootloop karena bisa banyak faktor yang memperngaruhi.
0 Komentar untuk "Apa Penyebab Smartphone Android Mengalami Bootloop"

Twitter Blog https://twitter.com/hyllal_h @hyllal_h

Fans Page Blog ini di https://www.facebook.com/AndroidiOSBlog

Google+ https://plus.google.com/+HyllalApple

Channel Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCXh7Qa62dlB5p_EG6FpR8mw

Back To Top